Saturday, August 09, 2008

Pindah lagee


Dah (atau baru kali ya?) aku tugas di kota indah kota budaya: Yogyakarta yang biasa disebut dengan Jogja. Kantorku sich nggak berada di kota Jogja. Ia ada dipinggiran kota Jogja dan lebih mendekati ke arah Prambanan. Lokasi tepatnya di Jalan Solo KM.11 Yogyakarta. Tapi itupun bukan di tepi jalan provinsi. Kantorku masih harus masuk lagi ke dalam ke jalan desa sejauh kurang lebih 300 meteran. Untuk lebih memudahkan menyebut letak kantorku, sering kami menyebutkan kantor atau gedung terdekat yang lebih populer, seperti: Gudang Bulog dan Ukrim. Ya karena kantorku tidak jauh dari kedua kantor atau gedung tadi.
Kalau menyebut nama kantor tempatku bertugas, yaitu Balai Diklat Keuangan III Yogyakarta, nggak akan banyak orang yang tau. Kecuali orang-orang yang memang pernah memiliki interaksi dengan kantor kami tersebut. Tidak jarang orang lebih mengenal dengan sebutan kantor STAN daripada Balai Diklat Keuangan. Hal ini kadang membuat sedih juga lho hehehe. Gimana nggak, kantor itu adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT)-nya Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Departemen Keuangan. Rasanya kecuali orang Depkeu jarang sekali orang mengenal unit BPPK dech. Tiap kali disebut Depkeu konotasi orang langsung melalang ke instansi Pajak atau Bea dan Cukai. Padahal banyak sekali unit-unit di bawah naungan Departemen Keuangan. (Udah ach cape cerita tentang kantornya...hehehe)

Btw, nggak terasa setahun sudah aku berada di kantor tersebut. Saat menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di bulan Agustus 2007, ada perasaan berat untuk memulai tugas baruku sebagai kepala kantor. Sungguh, aku nggak berminat untuk menduduki jabatan itu meskipun jabatan itu kuperoleh melalui sistem assessment yang telah diterapkan di instansiku. Hingga saat ini pun kurasakan kejenuhan bekerja di level struktural meskipun kuakui pula bahwa di level ini tantangan demi tantangan senantiasa menarik untuk dilalui. Entah apa yang ada dalam benakku. Yang kutahu aku hanya ingin "beristirahat" dari kegiatan yang penuh dengan risiko pekerjaan. Hal inilah yang menjadikan sebagian orang menilaiku seolah ingin lari atau menghindar dari tanggung jawab. Persetan dengan pendapat itu hehehe.
Namun jujur saja, setelah kujalani pekerjaanku dengan segala persoalan internal organisasi yang ada, aku seolah mulai menemukan ritme bekerjaku lagi. Ada keinginan luar biasa untuk bisa menjadikan kantorku ini menjadi kantor yang patut diperhitungkan oleh siapapun di lingkungan instansi eselon 1 kami. Kulakukan ini karena imej yang berkembang tentang kantor tersebut selama ini nggak terlalu sedap untuk didengar. Perubahan demi perubahan kulakukan sebisaku dengan mengajak sebanyak mungkin teman-teman kantor untuk terlibat dalam setiap aktivitas.
Sayangnya, saat ritme kerja mulai dapat kurasakan nikmat, aku harus meninggalkan tugasku di sini........... :-(
Sebagai seorang pegawai aku jelas nggak mampu berbuat apa-apa. Aku selalu ingat pesan atasanku dulu ketika aku masih seorang pelaksana, "Wat selama kamu masih seorang pegawai pada sebuah organisasi maka selama itu pula kamu nggak akan bisa memilih atasan, bawahan, dan rekan kerja termasuk juga tempat bekerja..!"
Yeap, kusadari hal itu. Makanya saat aku diberitahu harus pindah tugas hanya kepasrahan yang ada dalam diriku. Yang terbayang saat itu adalah kesibukan dan kepayahan untuk memindahkan keluarga dan barang-barang kami ke tempat tugas yang baru. Tidak hanya itu, aku pun harus kembali mencari sekolah-sekolah bagi anak-anakku........

Mulai minggu depan tugas baru telah menantiku. Halo STAN kampusku tercinta, aku kembali lagi kepadamu. Bila dulu engkau yang memanjakan dan membinaku hingga seperti ini, kini akulah yang harus memanjakanmu................

No comments: