Friday, June 28, 2013

Ikutan Training: MFCT, Municipal Finance Certification Training

Ini adalah training kedua ku di tahun ini, setelah 2 bulan lalu ikut training TOT PBJ (Training of Trainer Pengadaan Barang Jasa) di Gadog, Bogor.

Awalnya kukira training ini diberikan langsung oleh narasumber secara tatap muka. Ternyata pada saat hari pertama (Senin, 24 Juni 2013) memasuki ruang training, kulihat berbagai peralatan multimedia. Yup! Training diselenggarakan melalui perangkat video conference.
Ada 4 negara rupanya yang bergabung dalam penyelenggaraan training ini. Selain kami, Indonesia, ada kelompok peserta dari Malaysia (Kuala Lumpur), Philipines (Manila), dan Mongolia (Ulan Bathor). Sedangkan Moderator dan Narasumber berada di Washington DC, USA.
Hmm...berarti ini training pertamaku yang dilakukan dengan bentuk jarak jauh alias long distance learning. Menarik!
Training dilaksanakan selama 5 hari. Dari Senin s.d. Jumat. Khusus hari Jumat, jadwal pelatihan berakhir pada pukul 4 sore, karena diakhiri dengan pelaksanaan ujian tertulis. Sedangkan di hari Senin s.d. Kamis, pelatihan hanya dilakukan setengah hari yaitu hingga pukul setengah satu siang saja.

Secara keseluruhan materi yang diberikan bukanlah "barang baru" bagiku. Karena materi yang disampaikan oleh narasumber masih berada dalam jangkauan disiplin ilmu yang kumiliki hehehe.
Yang beda hanya satu: penyampaian dilakukan dalam bahasa Inggris! hahaha....

Materi hari pertama: Budgeting for Improved Performance, disampaikan oleh Jesus Nava, Chief Administrative Officer, Santa Clara Water District, San Jose, California.

Materi hari kedua: Planning and Budgeting for Capital Improvements, masih disampaikan oleh Jesus Nava.

Materi hari ketiga: Accounting and Financial Reporting, disampaikan oleh Robert Samario, CPA, Finance Director, City of Santa Barbara, California.

Materi hari keempat: Revenue Generation, disampaikan oleh Chu Thai, Administrative Services Director, City of Stanton, California.

Materi hari kelima: Creditworthiness and Debt Financing: A Primer for Sub-national Governments on Municipal Bond Issuance, disampaikan oleh Robert D. Peirson, Finance Director, Housing Authority of Santa Barbara, Former Finance Director City of Santa Barbara, California.



No comments: