Friday, July 12, 2013

Marhaban Yaa Ramadhan..... 2013

Alhamdulillah aku dan keluarga masih dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh berkah ini. Sebuah anugerah kenikmatan yang tak bisa dibiarkan berlalu begitu saja. Sebuah kepercayaan dari Sang Khalik kepada hamba Nya untuk berbuat yang terbaik selagi hayat di kandung badan.
Hari ini adalah hari ketiga berpuasa. Ada beberapa sahabat kami, kaum Muhammadiyah, yang telah memulai puasa 4 hari lalu. Perbedaan seperti ini adalah hal lumrah yang sering terjadi. Perbedaan keyakinan dalam penentuan awal bulan yang disebabkan perbedaan metode yang dipakai.

Bagi kami puasa tahun ini tidak berbeda dengan tahun lalu. Kami selalu menjalani dengan senang hati. Terlebih anak-anak kami, kecuali si kecil yang masih berusia 6 tahun, sudah dibiasakan oleh sekolah mereka untuk menjalankan puasa di hari-hari tertentu.
Satu hal saja yang membedakan dengan puasa 3 tahun terakhir ini, yaitu kami berpuasa di tempat tinggal kami yang baru. Bukan di rumah dinas lagi. Otomatis, lingkungan pun baru.

Di hari pertama dan kedua kami berusaha untuk bisa melakukan shalat tarawih berjamaah di rumah. Demikian pula saat subuh menjelang. Aku sadar, dengan kesibukan ku, jarang nantinya aku bisa sholat berjamaah bersama mereka.
Ingin rasanya dalam bulan ini kesibukan ku aku kurangi. Sayangnya, sebagai seorang kuli, aku tak bisa membuat sendiri jadwal kerja ku. Semua jadwal kerja sudah ditetapkan oleh si pemberi kerja. Aku tinggal melaksanakannya saja.
Seandainya aku adalah seorang pengusaha, mungkin akan ku kurangi aktivitas ku di bulan ini. Dan lebih banyak menjalankan ibadah-ibadah yang disunnahkan.

Oh ya, selama di bulan puasa ini , entah mengapa, aku lebih senang mengonsumsi salad buah daripada makanan lainnya. Awalnya, aku hanya ingin mengonsumsi salad buah saat makan sahur dan berbuka puasa. Namun istriku mengingatkan bahwa tubuh kita juga butuh karbohidrat lho.
Alhasih, ya masih kemasukan nasi dan lain-lain dech.... Padahal, selain karena sedang senang dengan salad buah, aku juga bermaksud untuk bisa mengecilkan ukuran lingkar pinggang ku hahahaha....

No comments: