Tuesday, January 03, 2012

Heboh Mobil Nasional "Kiat Esemka"; Dahlan Iskan; dan SMI

Dear,
Pagi ini aku baca di sebuah situs berita tentang dimanfaatkannya mobil rakitan anak-anak SMK (baca: esemka) di Jawa Tengah oleh Bupati Kota Solo, Joko Widodo alias Jokowi. Isu tentang mobil hasil karya anak bangsa ini sudah heboh beberapa bulan lalu sebenarnya. Hanya saja prestasi anak bangsa ini belum mendapatkan perhatian secara khusus dari masyarakat. Kalau pun ada hasil karya anak SMK yang telah terekspos adalah keberhasilan mereka membuat laptop, dengan memberika nama yang sama (Esemka).

Hari ini menjadi hari spesial karena rupanya kemarin perwakilan perakit kendaraan roda 4 tersebut yang didampingi para guru dan kepala sekolah memberikan sebuah hasil karya mereka kepada sang Bupati. Entah bermotif sesuatu atau tidak, sang Bupati dengan senang menerima kendaraan tersebut dan mendaulat mobil tersebut sebagai mobil dinasnya. Hmm.....sesuatu yang jarang dilakukan oleh seorang pejabat negara.
Aku sendiri tidak melihat hal ini sebagai bagian untuk mempromosikan diri sang Bupati. Mengapa? Ya karena sosok Bupati yang satu ini memang luar biasa. Kabarnya, di mata masyarakat Solo sang Bupati mendapat tempat istimewa. Ia berhasil membuat perubahan yang signifikan pada kota tersebut. Pembangunan yang ia lakukan pun berorientasi kepada masyarakat banyak.... Sehingga ketika ia memamerkan mobil nasional karya anak bangsa ini rasanya kok nggak pantas kalau kita menuding yang bersangkutan memiliki motif-motif tertentu.
Banyak orang yang kagum dengan kepemimpinan beliau, sama halnya dengan orang kagum pada Dahlan Iskan. Keduanya memiliki kemiripan: sama-sama bersahaja! Bila pun ada orang yang tidak suka kepada mereka hal tersebut adalah hal yang biasa. Nggak mungkin kan masa' semua orang harus suka sama kita? Jadi, suka atau tidak suka adalah hal yang wajar.

Hari ini aku nulis di fb tentang harapanku agar kedua orang ini bisa menjadi pemimpin negara ini di masa yang akan datang. Beberapa orang setuju dengan khayalanku tersebut. Namun ada pula yang mengingatkan akan sosok Sri Mulyani Indrawatie (SMI) yang kini harus hijrah ke negara Paman Sam karena didera oleh skandal persekongkolan politik. Waaah iya iya aku langsung teringat akan sosok beliau. Seorang wanita cerdas yang pernah ku tahu. Ambisi dan semangatnya luar biasa untuk ikut memberikan andil pada negara ini. Sayang....ia tersingkirkan oleh elite-elite politik yang terganggu kepentingannya karena sepak terjang beliau dan juga karena ia adalah jalan untuk membidik sasaran tembak yang lebih besar! Aset negara ini pun harus hengkang ke luar negeri.

Aku pun berharap SMI ini bisa menjadi pemimpin masa depan negara ini. Paling tidak, kini telah ada 3 sosok putra-putri Indonesia yang kemampuannya terbilang luar biasa!!!

Sleepy, Selasa, 3 Januari 2012, 15:55
 

1 comment:

Anonymous said...

lebih tepatnya walikota solo mas..