Friday, April 19, 2013

Promo Tour Ekonomis

Beberapa jenis peluang usaha sedang aku tekuni kembali. Selain usaha-usaha yang memang sudah berjalan beberapa tahun ini.
Salah satu peluang usaha yang sedang dijalani adalah menjual paket-paket promo tour ekonomis alias murah beberapa negara Asia, diantaranya China dan Bangkok (dua negara yang cukup banyak peminatnya. Begitu kabarnya).


Minggu lalu akhirnya aku putuskan untuk bergabung dengan usaha kawanku ini. Ia dan temanku yang lain telah setahun menekuni bisnis ini.
Mereka memang bukan pemilik usaha. Namun mereka punya andil besar membantu membesarkan bisnis ini dengan sistem "member get member" alias multi level marketing (MLM).
Bisnis ini memang menggunakan sistemnya MLM dalam merekrut dan memberikan bonus. Hanya saja mereka belum mau dibilang sebagai bisnis MLM. Apalagi mereka memang belum terdaftar di asosiasi bisnis MLM.

Konsepnya saja yang dipakai dari MLM tersebut. Selebihnya adalah konsep konvensional karena pada dasarnya mereka memang menjual paker tour wisata murah dan bukan sekedar memperbanyak jaringan.

Setau ku, kalau pun ini adalah sebuah bisnis MLM, maka bisnis ini adalah bisnis MLM baru di bidang tour and travel. Biasanya bisnis MLM lebih banyak dipakai pada perusahaan yang menjual produk-produk kebutuhan rumah tangga sehari-hari atau produk-produk kesehatan.

Nah, aku tertarik untuk ikut bergabung dan ikut memasarkan karena ada niatan sekiranya suatu ketika aku punya dana, aku dan keluarga bisa berwisata ke luar negeri dengan biaya yang relatif murah....

Entah seperti apa prospek ke depan. Aku hanya akan mencoba menjalaninya semampuku. Tidak ada target apapun. Bila berhasil, tentu saja akan bersyukur. Dan sekiranya gagal pun tidak menjadi masalah. Yang penting: ikhtiar!!!
Toh ini bukan satu-satunya usaha yang sedang aku jalani.

Beberapa peluang bisnis lainnya juga sedang aku bidik. Sayang danaku yang aku investasikan dua tahun lalu pada usaha kawanku di bidang persingkongan hingga kini belum jelas pengembaliannya....

Salam sukses untuk menyongsong masa purna bhakti 14 tahun lagi....

No comments: