Sunday, May 26, 2013

Semoga lekas sembuh Ibundaku....

Minggu lalu saat aku sedang di Palembang, kakak tertuaku menelpon. Ia memberitahu tentang info yang ia terima dari sahabatnya. Info tersebut terkait dengan tempat pengobatan alternatif yang berada di Sukabumi.
Pengobatan ini diperuntukkan bagi ibu kami yang telah lama mengidap kanker payudara. Ibu kami memang memutuskan untuk melakukan pengobatan alternatif daripada pengobatan medis. Di samping, kami anak-anaknya juga tidak berani membawa ibunda ke pengobatan medis. Kami paham bagaimana proses pengobatan terhadap pasien kanker. Sudah banyak sahabat-sahabat kami yang mengalaminya.
Pengangkatan kanker mungkin terbilang "mudah". Namun proses setelahnya cukup memakan energi, kesabaran,  dan kekuatan di pasien.
Seorang sahabatku pernah bercerita sambil menunjukkan kondisi kuku-kuku di kedua tangannya paska melakukan kemoterapi. Kuku di kedua tangannya menghitam sebagai akibat proses kemo tersebut. Ia juga menceritkan bagaimana penderitaan yang ia alami selama melakukan proses kemo. Menurutku, karena ia berusia 40-an tahun, ia masih sanggup menahan sakit. Dan itupun ia lakukan demi buah hati yang masih membutuhkan kasih sayang sang ibu.
Menyadari beratnya proses kemo, kami pun tidak menghalangi ketika ibunda kami tidak memilih pengobatan medis sebagai upaya ikhtiar beliau. Sejauh ini, sudah dua tempat pengobatan yang dilakukan oleh Ibu kami, yaitu di Jogjakarta dan Tangerang.
Setelah beberapa kali melakukan pengobatan ke Jogjakarta dan tidak menunjukkan perubahan luar biasa, ibu memutuskan untuk berpindah pengobatan ke Tangerang. Pengobatan ini sudah berlangsung beberapa bulan.
Setelah mendapat info dari sahabat kakak ku, akhirnya kedua kakakku mengabarkan bahwa sore tadi ibu ku bersedia untuk melakukan perjalanan ke Sukabumi untuk melakukan ikhtiar kembali. Semoga saja ikhtiar kami tidak sia-sia.
Yaa Allah berikanlah keringanan penyakit pada Ibu kami. Berikanlah kesembuhan kepadanya. Janganlah Engkau berikan penderitaan kepadanya.... aamiin..

No comments: