Wednesday, June 05, 2013

Mulai Padatnya Kegiatan Kantor

Bulan ini hingga Agustus nanti jadwal kegiatan kantorku full. Berbagai aktivitas penyiapan, pembuatan soal, penyelenggaraan ujian tengah menghadang kami. Setidaknya ada 4 kegiatan yang kami lakukan secara beruntun: seleksi beasiswa S2 dalam negeri bagi pegawai DJKN, seleksi beasiswa luar negeri bagi pegawai Kemenkeu (SPIRIT Program), seleksi penerimaan mahasiswa baru STAN, dan seleksi penerimaan mahasiswa baru STAN khusus warga Papua.

Seleksi beasiswa S2 dalam negeri bagi pegawai DJKN telah selesai dilaksanakan. Diperlukan setidaknya 2 minggu untuk menyiapkan pelaksanaannya (penyiapan soal TPA, Bahasa Inggris, dan Psikotes; penggandaan soal, pen-set-an soal, dan packaging) dan satu minggu untuk mengoreksi hasil ujiannya.

Minggu lalu, untuk penyiapan soal S2 program SPIRIT dan USM STAN, kami secara khusus mem-booking sebuah tempat di Jakarta Utara. Pertimbangannya, bila dikerjakan di kantor waktunya sangat terbatas. Hanya pada jam kerja saja. Belum lagi dengan adanya gangguan-gangguan pekerjaan lainnya.
Dengan bekerja di suatu tempat secara khusus, kami bisa bekerja hingga larut malam dan tanpa terganggu dengan hal-hal lainnya.

Paket soal S2 Program Spirit telah selesai. Minggu ini kami mulai menggandakan dan men-setting-nya. Ada 1000 lebih peserta yang akan ikut seleksi ini yang dilaksanakan di 11 kota besar di Indonesia. Target kami, Senin pekan depan semua persiapan selesai. Untuk itu kami harus rela lembur dan juga masuk di hari kamis esok yang sesungguhnya adalah hari libur nasional. Mengingat, rabu dan kamis depan adalah waktu pelaksanaan ujiannya.

Hingga saat ini, penyiapan soal USM STAN belum seratus persen selesai. Masih ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan secara matang. Diantaranya adalah kegiatan validasi soal.
Selain ujian tulis yang harus disiapkan, kami pun juga harus menyiapkan pelaksanaan tes wawancaranya. Yang menyulitkan adalah karena pewawancara haruslah pegawai yang telah dibekali ilmu mewawancarai. Jadi, tidak bisa asal tunjuk. Oleh karenanya, diperlukan kegiatan workshop yang harus diikuti oleh para calon pewawancara.

No comments: