Wednesday, June 12, 2013

Pekanbaru (again)....

Alhamdulillah akhirnya landing juga di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Fuiihhh bete banget aku dengan penerbangan kali ini.
Jarum jam hampir menunjuk ke angka 10 malam. Padahal waktu tempuh perjalanan hanya sekitar 1 jam 20 menit. Saat masuk pesawat jam mengarah ke angka 7 malam.
Itu artinya setengah jam lebih kami para penumpang berada dalam posisi "siap terbang".


Kejadian bermula saat para penumpang telah lengkap dan pintu pesawat telah ditutup. Setelah beberapa menit di dalam pesawat dan bahkan setelah video demo keselamatan selesai ditayangkan, sang pilot berkata bahwa karena padatnya trafik saat itu maka penerbangan diminta menunggu izin dari menara pengawas selama 13 menit.

13 menit berlalu suasana di dalam pesawat masih hening. 30 menit berlalu, masih sama! Dan setelah mendekati 50 menit pesawat mulai meningglkan apron menuju landasan pacu.
Saat menuju landasan pacu pun pesawat berjalan lambat dan kadang berhenti. Menunggu antrian take off kelihatannya.
Sayangnya, tidak ada info apapun dari awak kabin! Menyebalkan!
Dan setelah hampir 30 menit berlalu barulah sang pilot memberi aba-aba, "flight attendant take off position, please..."
So, hampir satu setengah jam kami terkurung dalam pesawat dalam keheningan! Sungguh penerbangan yang sangat menyebalkan.
Aku lebih suka penerbangan nonstop 3 jam dari pada setengah jam berada dalam pesawat dalam diam!

Saat pesawat berhenti di apron di bandara Pekanbaru, aku bergegas berdiri. Semata-mata hal itu aku lakukan untuk meluruskan punggungku yang sudah terasa tidak nyaman. Tak sabar rasanya ingin berada di luar pesawat.
Karena tidak memasukkan barang bawaan dalam bagasi, aku segera ke luar bandara. Di pintu kedatangan sahabatku sudah menunggu.
Aku segera minta maaf atas keterlambatan tersebut yang tentunya membuat ia juga harus menunggu lama di bandara.
Alasan keterlambatan pun segera kuceritakan padanya.

Mobil meluncur meninggalkan bandara dan menuju sebuah hotel tempat pelaksanaan diklat. Ya, dua hari ini aku berada di Pekanbaru untuk memberikan materi sebuah pelatihan. Kamis sore aku kembali ke Jakarta.

No comments: