Friday, July 12, 2013

Micro Finance Training of Trainer, batch 9

Ahai.....ikutan diklat lagi....!
Dua minggu lalu aku baru saja mengikuti pelatihan Municipal Finance yang dilakukan menggunakan video conference. Dan kemarin, aku mengikuti pelatihan dengan model yang sama namun tema berbeda.
Perbedaan lainnya, Municipal Training dilaksanakan full selama satu minggu. Sedangkan Micro Finance dilaksanakan selama 6 bulan dengan skema pembelajaran jarak jauh alias Distance Learning Course.
Tatap muka melalui video conference dilakukan sebanyak 4 kali. Sisanya dilakukan secara mandiri. Kita tinggal mengikuti tutorial yang diberikan melalui sebuah situs, yaitu: http://jointokyo.org

Materi yang diberikan adalah hal baru bagiku. Meskipun aku sudah sering mendengar tentang micro financing, khususnya ketika seorang bankir di Bangladesh yang berhasil mendapat hadiah nobel karena keberhasilannya mengembangkan usaha perkreditan bagi kaum miskin di sana dengan mendirikan Grameen Bank.

Pertemuan pertama video conference agak menjemukan. VC dilakukan selama 3 jam saja. Mulai pukul 14.00 s.d. 17.00. Peserta pelatihan berasal dari beberapa negara, melalui sistem GDLN, yaitu Jepang, Indonesia, India, Nepal, dan Uganda. Pemberi materi berada di Jepang.

Masih ada 3 pertemuan lagi melalui VC. Selebihnya kami harus belajar mandiri dengan membaca modul dan mengerjakan soal latihan yang diberikan dan mengirimkannya via email.
Semoga aku bisa melaluinya dengan baik....

No comments: