Monday, February 21, 2011

Puasa bicara, lebih banyak mendengar

Hmm...menjadi pendengar aktif ternyata memang tidak gampang. Kalau cuma sekedar mendengar saja sich, selama kita masih punya telinga, ya gampang banget.
Mendengar secara aktif berkonotasi pada kegiatan mendengar yang disertai dengan pemahaman atas apa yang kita dengar. Selanjutnya, informasi yang kita dengar tersebut, kita proses sesuai dengan kemampuan akademik yang kita miliki untuk kemudian mampu kita simpulkan untuk memberikan feedback terbaik.
Selama ini gw juga dah berusaha menjadi pendengar aktif dlm berbagai kesempatan rapat. Sebelumnya, biasanya sich, lebih banyak ngomong daripada mendengar hehehe. Soalnya, gw kadang nggak tahan utk melontarkan pendapat begitu terbetik ide di kepala. Apalagi kalo ide tersebut muncul karena adanya rangsangan berupa statement pihak lain yang nggak sesuai dengan pemikiran gw.
Nah, kini, gw pengen lebih banyak belajar mendengar. Mulut gw kunci rapat-rapat setiap kali mengikuti rapat. Setiap ada keinginan untuk melontarkan ide, segera kukekang keinginan tersebut. Sejauh ini berhasil.
Masalah yang muncul kemudian adalah....aku dianggap malas berpendapat! Hahahaha
Bila pernyataan ini muncul, gw cukup bilang kalau saat ini gw sedang puasa bicara...! Titik!

Jakarta, 21 Februari 2011
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

No comments: