Friday, June 08, 2012

The last day in Maastricht....

Ini adalah hari terakhir kami mengikuti pelatihan tentang Change Management khusus bagi Change Agent di kota nan apik ini. Besok pagi, Insya Allah kami akan meninggalkan kota kecil ini pada pukul 9 pagi dan menuju bandara Schipol di Amsterdam yang jarak tempuhnya sekitar hampir 3 jam. Kami masih akan memiliki beberapa jam di bandara Schipol sebelum pesawat Emirates membawa kami kembali ke Jakarta melalui Dubai, Uni Emrirat Arab.

Hari ini materi pelatihan masih akan dibawakan oleh Prof. Leo Karklaan sebagaimana hari kemarin. Materi yang diberikan kemarin sangat menarik. Bila di hari senin dan selasa, kami diberikan penjelasan tentang change management dari sisi psokologi (karena sang profesor berlatar belakang seorang psikolog), hari kamis kemarin kami diberikan penjelasan tentang perubahan organsasi dari sudut pandang manajemen dan pengalaman sang profesor sebagai konsultan perubahan organisasi. Hanya saja, dengan penyampaian yang sangat lembut, membuat para peserta yang awalnya sangat antusias menjadi mengantuk pada siang hari karena terpengaruh oleh pembawa lembut sang profesor. Terlebih lagi, beberapa materi yang diberikan mengandung banyak teori yang membuat peserta semakin pening.

Gaya Profesor Karklaan menjelaskan berbagai pengalamannya memang sungguh luar biasa. Ia dapat menjelaskan berbagai jenis perubahan yang terjadi di beberapa organisasi yang pernah ia tangani. Ia bahkan cukup familiar dengan beberapa istilah yang ada di Indonesia, khususnya soal makanan. Dengan fasih ia bisa menyebut beberapa jenis makanan khas Indonesia, seperti: soto ayam, nasi goreng spesial, sate kambing, dan sebagainya. Maklum, baru tahun lalu ia ke Indonesia membantu rekan-rekan BPK-RI dalam hal perubahan organisasi juga. Selain itu, ia sering berkunjung ke sebuah restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia di Amsterdam, tempat ia tinggal.
Semoga saja materi hari ini sangat lebih membantu kami sebagai agen perubahan tentang langkah-langkah strategis apa yang perlu dilakukan oleh kami untuk membantu kelancaran proses perubahan yang sedang berlangsung di organisasi kami.
Oya, sore nanti menurut rencana kami akan diundang makan malam bersama oleh pihak penyelenggara dan setelahnya kami akan disediakan bus menuju kota kecil Vaalserberg yang merupakan letak perbatasan tiga negara (Belanda, Jerman, dan Belgia).