Thursday, December 30, 2010

Anoreksia

Pagi ini baca berita tentang meninggalnya seorang model di Prancis akibat Anoreksia. Jujur, aku pernah mendengar istilah ini sebelumnya tapi kok ya harus mikir-mikir dulu untuk mengingat apa artinya. Untuk mengetahui istilah tersebut mah gampang aja, tinggal tanya sama Mbah Google (catatan: harus punya koneksi internet dulu donk....^^)
Berikut ini aku ambil penjelasannya dari situs www.conectique.com

Definisi

Anoreksia adalah kelainan psikis yang diderita seseorang berupa kekurangan nafsu makan meski sebenarnya lapar dan berselera terhadap makanan. Kondisi ini umumnya ditandai beberapa gejala psikologis:

  • Keinginan memiliki tubuh kurus
  • Ketakutan berlebihan terhadap kegemukan
  • Penolakan untuk mempertahankan berat badan yang normal
  • Hilangnya siklus menstruasi
  • Mempelajari tentang makanan dan kalori secara berlebihan
  • Menyembunyikan atau sengaja membuang makanan

Sekitar 95 persen penderita anoreksia adalah perempuan berstatus sosial ekonomi menengah ke atas. Kelainan ini mulai muncul di masa remaja dan kadang di masa dewasa. Anoreksia bisa bersifat ringan, sementara atau berat dan berlangsung lama

Penyebab

Hingga kini belum diketahui penyebab anoreksia. Para ahli kesehatan berpendapat bahwa faktor sosial memegang peranan penting. Umumnya penderita ingin menjadi kurus karena merasa kegemukan.

Penderita menganggap dirinya tidak menarik, tidak sehat dan juga tidak diinginkan. Penderita anoreksia bisa mengalami dehidrasi dan cenderung sering pingsan. Kelainan ini juga memicu kematian mendadak karena irama jantung yang tidak normal.

(Jakarta, 301210)

No comments: