Friday, December 17, 2010

Selabintana Sukabumi.jpg

Kamis (16 Desember 2010) selepas magrib gw meluncur menuju Selabintana, Sukabumi untuk memenuhi pemintaan tugas ngajar Dasar-Dasar Audit di Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPA&K). Saat panther touring gw geber di toll jagorawi barulah gw tersadar bahwa malam itu ada pertandingan Timnas PSSI lawan Timnas Philipina di laga semifinal Piala AFF leg pertama. Dengan memakai handsfree, gw segera pencet tombol handphone nokia E-71 yang telah menemani selama 2 tahun untuk menemukan nama seorang teman yang bertugas di Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan di Gadog Ciawi. Niat gw cuma satu: mau numpang nonton laga tersebut di sana yang disiarkan oleh RCTI.

Alhamdulillah persis sebelum pertandingan di mulai, gw dah berada di depan TV yang berada di salah satu guesthouse yang ada. Di sana gw nggak sendirian. Ada 3 orang pegawai Pusdiklat yang sedang lembur menyelesaikan tugas-tugas akhir tahun anggaran.
Meski agak ragu Indonesia akan memenangkan pertandingan, hati ini tetap berdoa untuk kemenangan Timnas sebagaimana harapan jutaan warga Indonesia lainnya mengingat sudah terlalu lama Indonesia nggak bisa mentas di laga Internasional (meskipun baru level asia tenggara, kali ini).
Akhirnya, Indonesia bisa menang walau cuma satu goal. Hmm... nggak cukup pikir gw. Karena kalo di pertandingan leg kedua Philipina bisa menjebol dua goal, Indonesia akan gigit jari! Kekhawatiran ini tidak berlebihan, mengingat ada 9 pemain Philipina hasil naturalisasi (istilah saat ini untuk mengungkapkan pemain blasteran atau pemain asing yang menjadi warga sebuah negara yang bukan tanah kelahirannya). Bravo Indonesia...!!!

Selepas numpang nonton, gw segera cabut menuju Sukabumi via puncak dan Cianjur. Jalanan relatif lengang... Saat jam menunjukkan pukul 23.15, gw tiba di Hotel Pariwisata Selabintana Sukabumi. Karena dah malem...gw langsung molor! Biar besok pagi bisa fit ngajar....

Selama dua hari (Jumat dan Sabtu) gw sharing materi tentang Dasar-Dasar Audit bagi pegawai BUMN dan BUMD yang sedang bertugas di bagian Satuan Pengawas Interen dan bagian lain yang terkait dengan fungsi audit. Hmm....nyaman dan menyenangkan juga bisa share ilmu kepada mereka.

Di sana, gw nggak cuma ketemu dan berkenalan dengan para peserta tapi juga bisa bernostalgia dengan Mantan Atasan yang sekaligus menjadi "guru" selama gw menjadi pegawai. Yah, malam Sabtu gw habiskan dengan bermain billiard bersama Pak Patta Bundu. Beliau hobi berat dengan permainan tersebut. Kebetulan dah lama juga kami nggak bersua apalagi bermain bersama. Sungguh malam yang menyenangkan.........

Kondisi agak tidak menyenangkan terjadi saat gw harus kembali ke Jakarta. Jalur yang gw ambil adalah jalur sukabumi-ciawi. Hasilnya? Hmm macet berat. Selain banyak kendaraan berat yang lewat, jalanan di sana juga parah luar biasa. Banyak sekali jalan bergelombang sehingga memaksa kendaraan melaju pelan. Berangkat jam sebelum jam depalan malam, tiba di ciawi jam sebelas malam...! Sampai rumah? Jam 12 malam! Hiks

No comments: