Wednesday, December 29, 2010

Ikutan Raker Kemenkeu 2010

Pagi ini aku nggak ngantor lagi di Pusdiklat Pajak. Padahal sejak selasa minggu lalu ada tugas di luar kantor yang dilanjutken dengan cuti akhir tahun bersama keluarga hehehe.
Hari ini cutiku dah selesai. Di hari pertama kerja kembali ini, aku diminta ngikut rapat kerja alias raker di Kementerian Keuangan. Agak malez sebenarnya tapi karena tugas ya mau nggak mau harus dilaksanaken. Dalam catper beberapa hari ini mungkin banyak kata-kata malez yang aku keluarken di setiap kali aku mendapat tugas kantor. Maklumlah, sejak terkena hukuman disiplin atas tindakan yang dianggap salah oleh auditor (meskipun hal ini sangat debatable) etos kerja sengaja aku buat menurun xixixixi. Rasa malez begitu terasa dalam semangat kerjaku. Yang ingin kulakukan hanyalah bekerja biasa-biasa aja. Kenapa? Lha wong bekerja bagus pun hasilnya sama saja dengan mereka yang bekerja semaunya kok. Malah...aku dapet "bonus" lho berupa hukuman disiplin atas kinerjaku selama ini! Wueekk....
Secara sadar pemikiran ini jelas keliru, bukan? (Jawabnya: BUKAN...!!!!) Tapi nggak apa-apalah, sekali-kali nyeleneh kan boleh toh setelah bekerja di tempat yang "keras" bertahun-tahun. Sabar aja dech....nanti kalo mud-ku dah kembali, aku janji akan bekerja full-fight lagee kok.... Dua tahun ke depan ini aku mau ngerasain "rest" dulu dari hingar-bingar pekerjaan yang memeras otak dan energi... caileee... (bisa nggak ya? hiks)

Meskipun agak malas, aku telah siap menuju "lapangan banteng" (istilah untuk lokasi pusat Kementerian Keuangan) sejak pukul 6 pagi (Kalo Pak Menkeu baca tulisan ini jangan-jangan bisa di-PHK nich gw hehehe). Jalan raya begitu lengang karena anak-anak sekolah sedang memasuki masa liburan. Belum tepat pukul 7 aku dah sampai di lokasi raker yaitu di gedung Dhanapala. Padahal aku tidak melalui jalan utama Sudirman-Thamrin lho. Pagi ini aku lebih senang menyusuri jalan "belakang" yaitu jalan Arteri Pondok Indah yang terus menuju Tanah Abang dan terus menuju Lapangan Banteng via jalan Kebon Sirih. Semuanya lancar..car...car....

Raker dimulai tepat pukul 8 setelah sebelumnya para peserta diwajibkan registrasi dan dipersilakan mencicipi hidangan makan pagi. Aku cuma sempet nyeruput teh manis yang aku kasih creamer sambil mata jelalatan ngeliatin peserta-peserta lain yang necis-necis karena make jas semua (termasuk gw lho hehehe). Beberapa peserta ada yang aku kenal. Ada teman seangkatan saat kuliah dulu, ada teman saat sama-sama diklat beberapa tahun lalu, dan sebagainya. Belum sempet ngerasain bakso sapi yang ada, sudah ada pengumuman dari pembawa acara bahwa acara raker akan dimulai. Batal dech nyicipin bakso yang keliatannya menggiurkan itu...

Menkeu Agus Martowardojo tampil elegan pagi itu didampingi Ibu Wamenkeu dan pejabat eselon I lainnya di bagian depan. Dalam sambutan pembukaannya Menkeu memaparkan banyak hal tentang kondisi keuangan negara saat ini, selain tentu saja memaparkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kementerian keuangan. Beliau banyak memberikan pesan dan himbauan tentang perubahan yang harus dilakukan oleh Kemenkeu kepada seluruh peserta rapat yang jumlahnya kurang lebih 250 orang, terdiri dari pejabat eselon I, sebagian eselon II, dan beberapa eselon III.

Pemaparan yang disampaikan Menkeu terkesan datar namun penuh dengan bobot moral. Bahkan kadang aku dibuat merinding mendengar beberapa penjelasan beliau tentang betapa sulitnya tugas Kemenkeu di tengah-tengah kondisi perekonomian Indonesia yang sebenarnya belum membaik ini. Aku juga merasa merinding saat beliau terkesan memohon (kata ini aku pilih menggantilkan kata meminta karena kesantunan beliau dlm menyampaikannya) kepada seluruh peserta raker agar tidak hanya memahami perubahan tetapi juga mau melaksanakan perubahan itu sendiri. Tidak hanya itu, beliau juga memohon agar peserta yang hadir dapat menyampaikan pesan-pesan beliau kepada seluruh jajarannya di instansi masing-masing.
Hmm....nggak nyesel juga dech akhirnya disuruh ikutan rapim hehehe....

(Jakarta, 291210)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

No comments: